BUDIDAYA LELE

Sabtu, 17 April 2010

Induk Lele dumbo


Usaha budidaya ikan tidak terlepas dari pengadaan induk sebagai mesin produksi benih / bibit ikan lele. Induk lele dumbo bisa diperoleh dari balai-balai pembenihan atau dinas perikanan setempat atau petani penyedia induk lele. Usaha pembudidayaan lele meliputi upaya melakukan seleksi dan pemeliharaan secara khusus untuk memperoleh induk yang memenuhi standar mutu agar diperoleh produksi benih atau bibit lele yang bagus.

Seleksi induk lele dimulai dari penelusuran asal-usul induk, penentuan calon grand parent stock (induk dasar), dilanjutkan persilangan untuk mendapatkan stok induk. Hasil persilangan induk dasar dipelihara dan diseleksi secara bertahap sampai ikan berukuran 700 – 1000 gram. Waktu pemeliharaan ini biasanya memerlukan waktu 10-12 bulan. Calon induk dipilih dengan standar pemenuhan ciri-ciri kualitas unggul. Calon induk ini akan siap dipijahkan sekitar 4-6 bulan lagi.

Pemeliharaan induk lele merupakan langkah penting dalam budidaya lele untuk mendukung mempertahankan sifat-sifat unggul yang dimiliki. Kepadatan induk lele dalam kolam sebaiknya antara 15-20 kg/m3 air dengan kedalaman kolam 0.9 - 1.2 m. Kualitas air perlu diperhatikan dengan pergantian air yang rutin, menghindari kolam berbau, mengurangi kekentalan, menjaga kecerahan tertentu. Parameter terukur seperti suhu, oksigen terlarut, pH, kadar ammonia, nitrit, dan alkalinitas diusahakan pada kondisi optimum-toleran.

Pemberian pakan dalam jumlah dan kualitas yang cukup adalah faktor yang sangat penting dalam upaya pematangan gonad, fekunditas, dan kualitas benih yang akan dihasilkan. Jumlah pakan pellet untuk induk lele dapat diberikan 1.5% - 2.5% per hari dari total biomas. Kandungan protein untuk induk lele yang diharapkan antara 32% - 35% dan beberapa sumber menyebutkan kandungan lemak 6% - 8% memberi hasil terbaik pada protein level 35%.

Induk lele yang baik memiliki tubuh yang lurus, simetris, tidak cacat, memiliki organ tubuh yang lengkap, tidak luka, dan lincah pergerakannya.   Induk lele jantan diharapkan memiliki umur satu tahun ke atas dan induk betina 2-4 bulan lebih tua.

Frekwensi pemijahan dalam induk yang sama sebaiknya dilakukan paling cepat 2 bulan sekali untuk menhasilkan keturunan yang berkualitas. Jarak waktu ini juga dimaksudkan untuk pemeliharaan induk agar produksi telur lebih banyak dan terhindar dari stess.

2 komentar:

  1. UD. NABILA LELE

    Kami petani lele dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman. Kami menjual induk dan bibit lele sangkuriang berbagai ukuran. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau. Alamat : Jl. Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta.
    Bibit lele yang kami hasilkan adalah bibit lele berkualitas tinggi, telah terbukti dengan penanganan yang baik dan benar bibit lele hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan lele kami :
    Jenis : Sangkuriang (Sertifikat)
    Sistem : Intensif.
    Pemijahan : Alami.
    Sumber air : Air tanah / sumur.
    Kolam : Terpal dan semen
    Pakan : Cacing sutra.
    Pengangkutan:Dikemas dlm kotak styrofoam penahan panas, tahan sampai 17 jam.
    Kota tujuan : Seluruh Indonesia.
    Kapasitas pengiriman :
    UKURAN : KAPASITAS / Ekor / BOX :
    2-2 cm : 15.000.
    2-3 cm : 8.000.
    3-4 cm : 7.000.
    3-5 cm : 5.000.
    4-6 cm : 4.000
    5-7 cm : 3.000
    Induk : 15.
    Untuk informasi harga murah berkualitas dan konsultasi teknik budidaya silahkan contak person Andy 085753563403 / 081227354545, kunjungi blog kami di www.mbenih.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta (10 meter selatan Honda AHASS). Kami memberikan garansi ikan selamat sampai ke tujuan.
    Datang….Lihat dan tentukan keputusan yang terbaik bagi anda…..

    BalasHapus
  2. Saya memfokuskan usaha
    pada
    pembenihan bibit lele
    sangkuriang.
    Bagi yang membutuhkan
    bibit lele
    sangkuriang. Untuk wilayah
    Solo dan
    sekitarnya saya antar gratis.
    Bibit
    berkualitas karena dari
    indukan
    bersertifikat dari BBAT. Kami
    siap
    membantu Anda sukses
    dalam
    berternak lele. Konsultasi
    gratis.
    Saya tidak menjual bibit
    saja. Bibit
    yg saya kirim. Bila sudah
    panen akan
    saya beli bila Anda kesulitan
    menjual. Hub
    085642057643
    alamat Ngablak Rt/Rw
    03/06,
    Karangmojo, Tasikmadu,
    Karanganyar, Solo

    BalasHapus