BUDIDAYA LELE

Jumat, 12 Maret 2010

Ciri-Ciri Lele Dumbo

Badan Standarisasi Nasional juga menguraikan secara rinci tentang ciri-ciri lele dumbo. Ikan lele dumbo dicirikan oleh jumlah sirip punggung yaitu D.68-79, sirip dada yaitu P.I.9-10, sirip perut V.5-6, sirip anal A.50-60 dan jumlah sungut 4 pasang, 1 pasang diantaranya lebih besar dan panjang. Perbandingan antara panjang standar terhadap tinggi badan adalah 1:5-6 dan perbandingan antara panjang standar terhadap panjang kepala 1:3-4. Ikan lele dumbo memiliki alat pernapasan tambahan berupa aborescen yang merupakan kulit tipis, menyerupai spon, yang dengan alat pernapasan tambahan ini ikan lele dumbo dapat hidup pada air dengan kondisi oksigen yang rendah.

Ikan lele dumbo memiliki kulit tipis halus, tidak bersisik dan licin. Warna ikan lele dumbo sangat bervariasi dan secara umum hijau kehitaman, coklat kehitaman, hijau kecoklatan, dan bagian bawah cenderung berwarna putih keruh, kadang-kadang ikan lele dumbo berwarna totol-totol (loreng) sehingga secara awam orang bisa saja menyebutnya sebagai lele phyton atau lele piton.

Banyak petani di Jawa Timur menyebut lele dengan warna loreng atau totol dengan kriteria tertentu dengan nama Lele Paiton. Lele dumbo jenis ini adalah lele dumbo yang berasal dari daerah Paiton, Probolinggo, Jawa Timur sebagai kepedulian sebuah perusahaan produsen pakan ikan untuk perbaikan genetik dan dibagikan kepada para pembenih lele. Lele dumbo ini dikabarkan riwayatnya diintroduksi dari Negara Thailand. Upaya rekayasa untuk menemukan strain unggul jenis lele dumbo telah dilakukan oleh perusahaan ini di daerah Paiton dan Pabuaran, Subang, Jawa Barat. Saat ini lele asal Paiton maupun Pabuaran telah berkembang di banyak tempat dengan penyebaran yang cukup luas.

5 komentar:

  1. Maaf pak mau tanya, perusahaan pakan di Paiton Probolinggo itu apa namanya ??

    BalasHapus
  2. TEKNIS BUDIDAYA: BUDIDAYA LELE
    TEKNIS BUDIDAYA: BUDGERIGAR

    Jual benih ikan lele sangkuriang & phyton segala ukuran.harga murah kwalitas unggulan dikembangkan dari kolam bak terpal yang telah terbukti kwalitasnya kuat untuk pengiriman jarak jauh,serta cepat adaptasi di lingkungan apapun.

    menjual benih serta indukan ikan lele sangkuring & phyton

    * – benih ikan lele ukuran 2-3 panjang ikan 3-4 cm harga Rp.60/ekor
    * – benih ikan lele ukuran 3-4 panjang ikan 4-5 cm harga Rp.80/ekor
    * – benih ikan lele ukuran 3-5 panjang ikan 5-6 cm harga Rp.100/ekor
    * – benih ikan lele ukuran 4-6 panjang ikan 6-7 cm harga Rp.125/ekor

    BUKAN yang TERBAIK” BUKAN yang MURAH” TAPI KITA BERUSAHA BUAT yang TERBAIK UNTUK ANDA

    Melayani pesanan pengiriman

    1. antar kota
    2. antar provinsi
    3. antar pulau diseluruh Indonesia

    untuk informasi cara ternak ikan lele

    * budidaya pembesaran
    * pemeliharaan serta perawata pada ikan lele
    * kiat kiat sukses
    * pengobatan penyakit ikan lele
    * pemasaran ikan lele benih dan konsumsi
    * mengalih bisnis perikanan

    Silahkan kunjungi via Google di alamat : http//Pbenih.blogspot.com

    dian lele ……………………..Hp 087733662287 sms / telpon

    *******************************************************

    BalasHapus
  3. Assalamu’alaikum wr wb..
    Salam sejahtera..
    Sehubungan dengan komen IKLAN KENDARI, saya Rahadian Surya (081226633426, 087733662287 ) admin dari //ikanlelepaiton.blogspot.com, merasa berterima kasih sekali atas kritikan2 yang ditujukan kepada saya. Akan tetapi saya akan lebih berterimakasih seandainya kritikan2 tersebut langsung dikonfirmasikan langsung kepada saya sehingga saya bisa segera memperbaiki apa2 yang menjadi kewajiban saya. Mengenai SMS / Tlp yang belum terbalas, dimungkinkan karena saya sedang beraktifitas di kolam yang tidak memungkinkan memegang hp akan tetapi ketika ada kesempatan tidak mungkin hal tersebut saya abaikan. Alangkah bijaksana-nya seandainya komplain2 bisa langsung disampaikan kpd saya supaya tidak menimbulkan fitnah berkepanjangan.bila mana ini adalah sebuah persaingan bisnis penjualan janganlah saling merusak nama baik kita saling menjaga kwalitas masing masing. bila mana ada kematian kita sering mengingatkan agar mengirimkan foto dan setempel dinas karantina serta tanda tangan yang bertugas pengecekan barang kita di bandara tujuan penerima,saat pengambilan barang dinas karantina wajib membuka box melakukan pengecekan sebelum di bawa pulang memastikan dokumen sesuai dengan kiriman atau tidak biasanya kalau mati di bandara ikan di tahan oleh petugas dinas karantin perikanan dan akan di musnakan mengingat adanya virus atau benih kurang sehat,, ikan kita memiliki sertifikasi kesehatan resmi oleh laboratorium dinas perikanan bila mana ikan tidak sehat, ikan juga tidak bisa di kirimkan karena benih yang bisa di kirim harus melalui uji kesehatan kelayakan dalam pengiriman harus bersetandar bebas virus dan penyakit . Trims… Salam sukses! Rahadian Surya ( Surya Mina )..
    Wa’alaikumsalam wr wb..

    BalasHapus